Cerita di Balik Pad Thai Thailand

July 10, 2023

SANTAPAN ASIA, Malang – Halo Sobat Santap! Cita rasa makanan yang di miliki Negara Thailand sudah tidak usah diragukan lagi, rasa pedas yang menggugah selera, rasa gurih yang mewah hingga rasa asin yang cocok untuk lidah orang orang Indonesia. Kali ini kami akan membahas mengenai pad thai.

Sobat Santap, siapa di antara kita yang tidak tergoda oleh aroma harum, rasa lezat, dan kenikmatan yang terdapat dalam sepiring Pad Thai? Hidangan khas Asia ini telah memikat lidah dan menggoda selera dari Thailand hingga ke penjuru dunia. Lalu bagaimana Pad Thai dikenal oleh dunia? Yuk, simak!

Sejarah Pad Thai

Pad Thai adalah salah satu hidangan khas Thailand yang populer di seluruh dunia. Sejarahnya berasal dari masa pemerintahan Raja Rama V pada awal abad ke-20.

Pad Thai tercipta sebagai respons terhadap kampanye nasionalisasi beras yang dilakukan oleh pemerintah Thailand pada saat itu. 

Pada masa itu, Thailand menghadapi krisis ekonomi yang melibatkan masalah pemasukan dan permintaan beras. Pemerintah ingin mengurangi konsumsi beras dan menggantinya dengan makanan lokal yang lebih terjangkau dan mudah ditemukan.

Salah satu langkah yang diambil adalah dengan memperkenalkan resep baru yang menggunakan mie sebagai bahan utama, sebagai alternatif dari nasi yang umumnya digunakan dalam hidangan Thailand. Dalam proses ini, pad thai lahir sebagai hidangan yang inovatif dan terjangkau.

Sejak itu, Pad Thai telah mengalami berbagai variasi dan modifikasi, baik di dalam maupun di luar Thailand, sesuai dengan selera dan preferensi lokal. Namun, inti dari Pad Thai tetap mempertahankan bumbu khas dan kombinasi rasa yang lezat.

Pad Thai dari Thailand Kaya Akan Rempah

Pad thai di masak menggunakan beberapa rempah yang dicampurkan pada proses pembuatannya, seperti: jahe, kunyit, buah asam, cabai, dan bunga lawang. 

Namun ada yang perlu diingat bahwa buah asam yang digunakan pada masakan masakan Thailand justru tidak seperti namanya karena memiliki rasa yang manis dan sedikit kecut sehingga memiliki rasa yang segar jika di campurkan pada hidangan Thailand. 

Tidak lupa dengan jahe. Makanan asia rata rata memiliki rasa dan aroma yang cukup kuat sehingga memiliki daya Tarik tersendiri. Rasa pada makanan asia akan bertambah kuat apabila kita tambahkan jahe kedalam hidangan asia sehingga aroma dari hidangan tersebut juga mengeluarkan wangi yang menarik konsumen.

Lalu, cabai sebagai penambah pedas yang sudah tidak luput dari makanan asia, karena hampir di setiap makanan asia memiliki rasa pedas dari cabai dan ada beberapa hidangan yang pedas juga diperkuat dengan jahe yang campurkan. 

Condiment Pada Pad Thai

Setelah membahas sejarah dan rempah yang terdapat pada pad thai, kini tim Santapan Asia akan memberikan resep dan condiment apa saja yang dibutuhkan. Berikut bahannya

  1. Mie beras 200g
  2. Udang 200g 
  3. Tauge 100g
  4. Telur 2-3 butir
  5. Bawang putih cincang 3-4 siung
  6. Minyak goreng 5-15g (secukupnya)
  7. Kacang tanah 2 Sdm
  8. Jeruk nipis 1 buah
  9. Cabai kering 10-20g
  10.  Kecap ikan 3 Sdm
  11.  Saus tiram 2 Sdm
  12.  Brown sugar 2 Sdm
  13.  Air asam jawa 4 Sdm
  14.  Kecap manis 3 Sdm
  15.  Lada bubuk 1-2 Sdt
  16.  Kaldu bubuk 1-2 Sdt
  17. Minyak sayur 2 Sdm
  18. Jahe 1½ ruas jari
  19. Bunga lawang 5-10g
  20. Kunyit 1½ ruas jari

Nah sobat santap sekarang sudah tau kan gimana sih pad thai bisa tercipta, bahan dan juga rempah rempah yang terdapat pada pad thai yang tentunya bikin makin enak dan makin beraroma sedap. Hmmm sedap yah jadi ngiler deh.. tunggu apa lagi? Yuk cobain!

One thought on “Cerita di Balik Pad Thai Thailand”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *