Infografis: Perbedaan Gado-gado dan Pecel

July 9, 2023

SANTAPAN ASIA, Malang – Halo sobat santap, gimana kabar kalian hari ini? Semoga harinya baik dan dalam keadaan sehat semua ya sobat. Nah kali ini santapan asia mau ngebahas soal perbedaan gado-gado dan pecel.

APA SIH PERBEDAAN GADO-GADO DAN PECEL??

Kalian pasti ga asing dong sama makanan ini, karna Gado-gado dan pecel adalah dua hidangan khas Indonesia yang memiliki beberapa persamaan dalam bahan, saus, dan penyajiannya. 

Salah satu contohnya adalah BAHAN 

Gado-gado umumnya terdiri dari campuran sayuran segar seperti kacang panjang, tauge (kecambah kacang hijau), kol, wortel, bayam, dan timun. Beberapa variasi gado-gado juga dapat mencakup tahu, tempe, dan telur rebus. Dan Pecel juga terdiri dari sayuran segar, seperti kacang panjang, tauge, kol, kangkung, bayam, dan mentimun. Beberapa variasi pecel juga dapat mencakup kentang rebus, tahu, tempe, dan telur rebus.

Ada juga dari SAUS kacangnya. Ya memang sama sama pakai saus kacang akan tetapi Saus yang digunakan dalam gado-gado adalah bumbu kacang yang kental. Saus ini terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan, campuran bumbu seperti bawang putih, cabai, gula, air asam, dan garam. Saus kacang ini memberikan rasa gurih dan kaya pada gado-gado. Dan Saus pecel terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan, cabai, gula, garam, air asam, serta bumbu dan rempah-rempah seperti bawang putih, kemiri, dan terasi (belacan). Saus ini memiliki rasa pedas, gurih, dan sedikit asam.

Dan yang terakhir ada di PENYAJIAN-nya

Bahan-bahan sayuran segar untuk gado-gado itu disusun secara terpisah atau dicampur dalam piring. Kemudian, saus kacang dituangkan di atas sayuran, dan hidangan ini biasanya disajikan dengan kerupuk, lontong (nasi ketan yang dibungkus dalam daun pisang), dan kadang-kadang juga disertai dengan telur rebus atau tahu goreng. Dan kalo dalam pecel, sayuran biasanya dicampur bersama-sama dan dituangi saus pecel yang kental di atasnya. Hidangan ini juga disajikan dengan nasi, kerupuk, dan kadang-kadang disertai dengan telur rebus atau tahu goreng.

Meskipun keduanya merupakan hidangan sayuran dengan saus kacang, ada beberapa perbedaan dalam bahan, saus, dan penyajiannya antara gado-gado dan pecel. Pilihan bahan, rasa saus, dan cara penyajian dapat bervariasi tergantung pada preferensi pribadi dan variasi regional di masing-masing daerah di Indonesia.

Penulis dan Infografis: Jasmine Shabrina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *