Kombinasi Pecel Kuah Rawon, Seperti Apa Rasanya?

July 8, 2023

SANTAPAN ASIA, Malang – Halo Sobat Santap! Tim Santapan Asia kali ini akan membahas mengenai pecel kuah rawon. Bagi Sobat Santap yang masih asing dengan kombinasi dua makanan jadi satu ini mungkin masih bingung ya. Tetapi kombinasi kuah rawon yang kaya rempah dan pecel yang gurih menciptakan sensasi yang baru dan unik di lidah. Yuk bahas lebih lanjut!

Pecel merupakan sebuah hidangan yang terbuat dari berbagai macam sayur seperti bayam, kangkung, daun singkong dan bisa ditambahkan sayur sesuai selera Sobat Santap. Lalu di rebus kemudian di siram dengan bumbu. Bumbu yang di gunakan adalah bumbu kacang atau di sebut sambel pecel. Sambel kacang yang terbuat dari kacang tanah yang di tumbuk halus dan memiliki cita rasa manis, asam, pedas, dan gurih. Ada yang memiliki cita rasa daun jeruk purut, kencur, dan ada pula dengan rasa manis asam yang kuat.

Sedangkan rawon merupakan kuliner khas Jawa Timur berupa sup daging dengan kuah berwarna hitam. Warna hitam dari kuah rawon sendiri berasa dari buah kepayang atau sering di sebut dengan kluwak. Selain itu, keistimewaan rawon adalah rasa yang dihasilkan dari kluwak sehingga aroma hidangan menjadi kuat dan berempah. Untuk menambahkan rasa nikmat pada rawon di tambahkan dengan daun bawang, sambal, dan jeruk nipis sesuai selera. Rawon juga cocok dikonsumsi bersama kerupuk udang, telur asin, dan daging sapi goreng atau empal.

Kedua makanan jika di satukan memiliki rasa yang segar dan gurih. Kedua makanan tersebut sudah memiliki rempah yang banyak, di tambah dengan kuah rawon yang segar membuat kedua makanan ini sangat gurih dan cocok untuk di coba, biasanya di tambah lauk dengan telor, tempe, mendol, dan masih banyak lagi, dan makanan ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat malang. Dari sensasi yang unik inilah membutuhkan keahlian dan ketelitian.

“pecel rawon emang pas banget kalo di makan waktu malam hari, sambil kuah rawonnya panas, di tambah gurihnya bumbu dari pecelnya ungkap kiki asal malang”

Cara penyajiannya juga mudah sekali lho, Sobat Santap. Untuk penyajian, tata nasi di piring dan tambahkan bahan sayuran. Kemudian, siram dengan bumbu pecel dan rawon, lalu beri taburan bawang goreng dan kerupuk udang. Pecel rawon pun siap untuk dinikmati.

Tempat pecel rawon yang rekoendasi di malang yaitu Warung Sarmanto yaitu di Jl. Laksamana Adi Sucipto No. 163, Kec. Blimbing, kota Malang, Jawa Timur.

“Salah satu manakan favoritku yaitu pecel rawon, emang seenak itu sih pecel rawon sudah sangat sering makan ini ungkap atta asal malang”

Penulis: Fabian Ferdiansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *