5 Rekomendasi Makanan Thailand yang Mantap!

July 8, 2023

SANTAPAN ASIA, Malang – Halo sobat santap, Tim Santapan Asia akan memberikan beberapa rekomendasi makanan Thailand yang wajib kamu coba. Yap, Thailand memang sering kali dikunjungi oleh wisatawan asing seperti Indonesia. Bukan hanya tempat-tempat wisata panorama yang pesona akan alamnya, namun juga dengan kulinernya.

Maka dari itu sobat santap jika kalian berkunjung di restoran yang menyediakan makanan khas Thailand, jangan segan-segan untuk mencoba makanan khas Thailand.

Makanan Thailand Tanpa Kuah

Khao Pad

Khao Pad atau biasa kita kenal nasi goreng ini salah satu makanan khas Thailand. Walau terlihat sederhana sobat santap tetap bisa merasakan cita rasa khas Thailand saat menyantapnya.

Nasi goreng khas Thailand ini dibuat dengan memasak nasi yang dicampur dengan telur, bawang putih, saus tiram, garam, gula, serta saus kecap. Untuk penyajiannya Khao Pad disajikan dengan irisan timun, selada, tomat, jeruk, serta ada tambahan irisan daging seperti ayam, sapi, babi, ataupun seafood.

Pad Thai

Pad Thai salah satu masakan khas Thailand yang melegenda karena sudah ada sejak zaman Ayutthaya dan dipercaya sebagai kuliner yang berasal dari Vietnam atau China. Masakan ini berupa mie goreng yang mirip dengan mie goreng di Indonesia. 

Hidangan Pad Thai terdiri dari mie yang digoreng dan sering dijumpai direstoran. Mie yang digunakan dalam Pad Thai terbuat dari beras.

Makanan yang Berkuah

Kaeng Phet

Kaeng Phet atau kari merah pakai bahan campuran bumbu kari ayam, sapi, atau babi. Pembuatan bumbu kari ayam dengan cara tradisional, pakai bahan cabai merah kering, bawang merah dan putih, lengkuas, jintan putih, lada, garam, dan sebagainya. Kemudian bumbu itu dihaluskan lalu dimasak menggunakan minyak goreng dan santan kelapa.

Kaeng Khiao Wan

Sup kari ini mempunyai satu hal yang special yaitu warna supnya hijau dan bercita rasa pedas. Warna hijau pada sup Kaeng Khiao Wan berasal dari cabai hijau, cita rasanya lebih pedas dibandingkan dengan kari merah.

Selain cabai hijau, bahan yang dipakai yaitu berupa santan, gula aren, pasta kari hijau, dan saus ikan, terkadang terong bahkan buah juga ikut disertakan. Kaeng Khiao Wan biasa disajikan Bersama nasi, mie daging ayam atau sapi maupun roti.

Tom Yum

Tom Yum merupakan sup khas Thailand yang disajikan dengan hangat. Sangat terkenal dan terfavorit di dunia. Rasa sup ini ini asam dan pedas. Tom Yum juga pakai rempah-rempah yang harum buat kaldu, dan menggunakan pasta bernama nam prik pao. Tom Yum biasa pakai bahan dasar udang. Ketika disajikan udang dimasukkan ke dalam sup setelah mendidih. Adapun menggunakan daging babi, maka dimasukkan ke dalam sup sebelum mendidih.

Penulis : Fahmi Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *