Yuk Ketahui Nutrisi Pada Mie Instan!

July 4, 2023

SANTAPAN ASIA, Malang – Sobat Santap bisa nggak sih menolak aroma harum dikala lapar saat tengah malam. Bahkan disaat tidak punya uang biasanya kita sering membuat hidangan ini sebagai opsi. Dengan kepraktisannya dan ada di mana-mana, Mie instan hadir untuk menghangatkan badan kita. Dalam dinginnya cuaca, tak ada yang lebih memanjakan selera dan menghangatkan tubuh Selain Mie Instan. Dengan kepraktisannya, banyak orang yang cenderung mengatakan bahwa nutrisi pada mie instan memiliki kandungan gizi yang kurang sehat. Akan tetapi, Sobat Santap tahu? Di dalam mie instan pun terdapat kandungan gizi yang beragam dan baik untuk tubuh, lho. 

Sobat Santap penasaran? Yuk simak!

Di Indonesia sendiri, mie instan adalah hidangan yang sangat digemari. Entah itu saat pagi hari atau pun tengah malam saat perut keroncongan. Mereka yang makan di bersama di rumah, sampai mereka yang berkumpul di luar sambil tertawa, semua mengkonsumsi mie instan.

Menurut artikel dari dataindonesia.id terdapat mie instan yang menjadi populer di indonesia. “Tercatat ada 95% responden yang mengetahui merek mie instan tersebut,” ungkap artikel tersebut. Mie instan merupakan salah satu makanan favorit di Indonesia. Rasanya yang nikmat, mengenyangkan, murah, serta praktis membuat popularitas mie instan terus melejit di tengah masyarakat.

Para penjual mie pun mengatakan bahwa banyak sekali yang datang ke warung mereka saat menjelang tengah malam. Ucup, penjual mie mengatakan,

“biasanya mereka datang ke warung rame-rame, yang dipesan ya kebanyakan mie kuah dengan telur setengah matang,” ujarnya.

Iwan, salah satu pelanggan di warung Ucup pun mengatakan,

“Biasanya, sih nongkrong disini karena emang malem suka bergadang. Kalau nongkrong disini rame terus juga anget, kan makan mie” ucapnya.

Dikutip dari kompas.com mie instan sudah ada setelah perang dunia II berakhir. Tepatnya, mie instan pertama kali eksis di Jepang pada 1958. Selain Indonesia dan Jepang, tentu saja mie instan disukai di semua negara. Tidak hanya di negara Asia saja, daftar teratas negara pemakan mie instan juga ditempati negara di kawasan Amerika.

Selain karena kepraktisannya, mie instan ternyata lumayan banyak nutrisinya, lho Sobat Santap. Dilansir dari vivahealth.co.id berikut kandungan nutrisi dari sebungkus mie instan:

1. 219 kalori yang mengandung 14% lemak, 73% karbohidrat, dan 13% protein

2. 3,3 gram total lemak

3. 40,02 gram karbohidrat

4. 7,22 gram protein

5. 46mg kolesterol

6. 378mg sodium

7. Vitamin A 1%

8. Kalsium 2%

9. Zat besi 13%

Mie instan adalah hidangan yang praktis tapi lezat. Mie instan umumnya tinggi karbohidrat dan lemak, sedangkan serat, vitamin, dan mineralnya cenderung rendah. Konsumsi berlebihan mie instan yang tinggi kalori dan rendah nutrisi dapat menyebabkan masalah kesehatan untuk Sobat Santap seperti kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, dan gangguan pencernaan.

Namun, bukan berarti kita harus sepenuhnya menghindari mie instan. Dengan pengetahuan yang tepat, Sobat Santap dapat membuat pilihan yang lebih sehat. Memilih merek dan varian mie instan yang lebih rendah garam, lemak, dan kalori dapat menjadi langkah awal yang bijak. Menambahkan sayuran, daging tanpa lemak, atau telur sebagai tambahan pada mie instan juga dapat meningkatkan kandungan gizi dan seratnya.

Jadi, saat kita menikmati mie instan, mari kita lakukan dengan penuh kesadaran dan mengambil langkah-langkah kecil untuk menjaga keseimbangan nutrisi dan kesehatan kita. Yuk, sruput dulu mienya!

Penulis : Jasmine Shabrina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *