Cek Menu Idul Adha Yang Aman Untuk Penderita Kolesterol

July 1, 2023

SANTAPAN ASIA, Malang – Halo Sobat Santap! Masih dalam suasana Hari Raya Idul Adha nih. Sobat Santap pasti masih punya stok daging di kulkas hehehe. Daging menjadi bahan utama dalam perayaan Idul Adha, namun bagi mereka yang memperhatikan kesehatan jantung dan memiliki masalah dengan kolesterol, Wah ternyata penting untuk memilih daging dengan cermat. Pilihan terbaik adalah daging tanpa lemak, seperti daging sapi tanpa lemak. Yuk, cermati daging seperti apa ya yang aman untuk penderita kolesterol. Tim Santapan Asia juga akan memberimu menu Idul Adha yang cocok untuk penderita kolesterol. Simak sampai akhir ya!

Dikutip dari kompas.com Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Ali Khomsan mengatakan bahwa, daging sapi dan daging domba harus dihindari karena memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang cukup tinggi.

“Daging sapi dan domba yang dikhawatirkan adalah kandungan lemak jenuh dan kolesterol. Sehingga penderita harus hati-hati,” ujarnya.

Dilansir dari Alodokter “Istilah daging tanpa lemak bukan berarti sama sekali tidak memiliki kandungan lemak di dalamnya. Hanya saja kadar lemaknya sangat sedikit bila dibandingkan dengan bagian daging berlemak”. Bagian daging yang mengandung lemak jenuh, seperti lemak pada bagian perut, sebaiknya dihindari.

Tukang Jagal dari peternakan sapi di Cicurug, Prasetyo mengatakan bagi yang ingin mengkonsumsi daging sapi atau kambing, pilih bagian daging yang tidak mengandung banyak lemak, seperti bagian punggung, daging khas dalam, atau daging kaki. 

“Hindari bagian yang berlemak seperti lemak pada bagian buntut dan hindari penggunaan garam dan minyak secara berlebihan ketika mengolah daging sapi atau kambing” ujarnya. Daging sapi dan kambing yang dipilih dengan cermat dapat membantu menjaga tingkat kolesterol yang sehat.

Berikut beberapa menu Idul Adha yang aman dikonsumsi untuk penderita kolesterol pada saat hari raya Idul Fitri.

1. Tumis Daging Sapi Kecap Pedas 

Daging sapi ini diolah dengan cara ditumis. Bahan-bahan yang digunakan antara lain seperti, kecap manis, gula, asam, cabai, bawang merah dan bawang putih. 

2. Tumis Daging Teriyaki

Sobat Santap bisa menggunakan bumbu marinasi yang terdiri dari saus teriyaki, kecap manis dan asin, minyak wijen, dan bawang putih.

Daging sapi yang telah dibersihkan dan dipotong dapat Sobat Santap rendam di bumbu marinasi tersebut dan kemudian ditumis bersama bawang bombay dan paprika hingga layu.

3. Bacem Daging Sapi

Bacem dibuat dengan cara direbus dalam air dengan penambahan berbagai bumbu dalam waktu lama. Olahan daging kurban ini menjadi rendah kolesterol karena tidak ditambah minyak maupun santan.

Bumbu yang digunakan mulai dari bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, dan merica.

4. Sop Daging Sapi

Daging yang telah Sobat Santap  potong dan bersihkan bisa direbus. Sobat Santap bisa menambahkan berbagai sayuran pelengkap, seperti kentang dan wortel.

5. Gadon Daging 

Gadon sapi ini diolah dengan cara mengukus daging cincang dengan diberi bumbu,rempah, dan santan kental, kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Itulah 5 menu olahan daging sapi yang bisa Sobat Santap masak versi Santapan Asia saat Hari Raya Idul Adha. Sobat Santap bisa berganti-ganti menu sesuai selera dan kebutuhan. Jangan lupa untuk tetap menjaga masakan daging sapi  agar tetap rendah kolesterol.

Penulis : Wanindia Balqis Athallah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *