5 Makanan Pedas Asia yang Menggugah Selera

July 1, 2023

SANTAPAN ASIA, Malang – Sobat Santap setuju gak sih di seluruh benua Asia, terdapat ragam hidangan yang ditandai dengan kepedasan yang khas, menggugah selera, dan menjadi daya tarik bagi pecinta kuliner di seluruh dunia. Dari rempah-rempah yang berlimpah di wilayah ini, muncul beragam hidangan pedas yang tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga mengungkapkan kekayaan budaya setiap negara. Eits, siapa sangka di setiap negara di Benua Asia mempunyai makanan pedas Asia yang terkenal di dunia lho, Sobat Santap

Bagi pecinta makanan, mencicipi makanan pedas adalah tentang pengalaman penuh sensasi dan keberanian. Tim Santapan Asia, menyoroti beberapa tantangan makanan pedas dan ekstrem di Asia. 

Salah satu food vlogger, Intan mengatakan bahwa rasa pedas itu harus ada di dalam setiap hidangan, karena yang mengikat setiap bumbu dan yang membuat hidangan itu terasa nikmat ya pedasnya.

“Makanan akan terasa kurang bila tidak ada rasa pedasnya. meskipun rasanya enak, dengan rasa pedas makin tambah enak” ujarnya.

Di Indonesia sendiri hidangan pedas mudah untuk ditemui. Karena kecintaan masyarakat Indonesia terhadap pedas banyak rumah makan yang menyediakan menu pedas berlevel-level.

Dikutip dari viva.co.id kini kebutuhan akan makanan pedas semakin tinggi. Bahkan, mengonsumsi makanan pedas telah menjadi tren tersendiri di kalangan anak muda sebagai ajang ekspresi diri.

Pemilik warung makan Cak Kholil bahkan mengatakan “banyak yang beli makan di sini, mereka suka minta sambelnya dibanyakin ya, Pak” ujarnya.

Lalu bagaimana dengan wilayah Asia yang lain? apakah terdapat hidangan panas yang menggugah selera? Yuk, simak!

1. Sichuan Hot Pot (China)

Di Tiongkok, kita akan menemukan Sichuan Hot Pot, hidangan pedas yang tak terlupakan. Hot Pot adalah konsep memasak dengan merebus berbagai bahan seperti daging, sayuran, dan makanan laut dalam kuah kaldu pedas yang kaya rempah-rempah, terutama cabai Sichuan. Sensasi pedasnya yang membara akan memicu selera Anda dan memberikan pengalaman makan yang menyenangkan.

2. Tom Yum (Thailand)

Dari negeri senyuman, Thailand, Tom Yum. Sup pedas ini menawarkan kombinasi rasa yang unik, dengan perpaduan asam, pedas, segar, dan aroma herba. Dengan tambahan udang, ayam, atau jamur, Tom Yum selalu memikat pecinta makanan pedas di seluruh dunia. Menurut Tim Santapan Asia menu inilah yang paling the best untuk dicoba

3. Laksa (Malaysia)

Selanjutnya, kita berhenti sejenak di Malaysia untuk mencicipi Laksa. Laksa adalah hidangan mie berkuah kental yang diberi bumbu pedas khas. Setiap daerah di Malaysia memiliki varian Laksa yang berbeda, tetapi semuanya memiliki cita rasa pedas yang menggugah selera. Nikmati kelezatan mie bersama rempah-rempah dan kuah kaya di setiap suapannya.

4. Kimchi (Korea Selatan)

Kita tidak bisa melewatkan Kimchi. Kimchi adalah hidangan fermentasi yang terbuat dari kubis dan rempah-rempah seperti cabai, bawang putih, dan jahe. Cita rasanya yang pedas dan asam menjadi pelengkap sempurna bagi hidangan Korea lainnya, dan menjadi favorit di seluruh dunia.

5. Oseng-oseng Mercon (Indonesia)

Pecinta makanan pedas Indonesia mungkin tidak asing lagi dengan oseng-oseng mercon. Kata “mercon” sendiri dalam bahasa Jawa berarti petasan memberikan gambaran akan tingkat kepedasan yang dimiliki oleh hidangan ini. Biasanya dibuat dengan daging sapi, ayam, ditumis dengan rempah-rempah. Cabai rawit yang digunakan dalam hidangan ini merupakan cabai yang sangat pedas, sehingga memberikan rasa pedas yang kuat pada hidangan.

Gimana Sobat Santap? Mau coba makanan pedas Asia diatas? Jangan ragu untuk menjelajahi dunia “Cita Rasa Pedas Asia” ya. Selamat menikmati dan jangan lupa komen makanan pedas favoritmu yaa

Penulis : Fahmi Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *