Nikmati Kelezatan Legendaris Rawon di Kota Malang

June 30, 2023

SANTAPAN ASIA, Malang – Halo sobat santap, siapa yang tak tahu rawon? Sup yang berwarna hitam ini ada cita rasa khas yang membuat penggemarnya ketagihan. Nah, karena rasa khasnya inilah rawon dinobatkan menjadi salah satu jenis sup terlezat di dunia menurut TasteAtlas. Depot Rawon Rampal salah satu tempat kuliner legendaris di Kota Malang yang sudah dikenali banyak orang sejak 1957. Depot Rawon Rampal ini terletak di Jalan Panglima Sudirman 71 A, Kota Malang. Kedai rawon yang terkenal dengan kelezatan legendarisnya ini dikelola dari generasi ke generasi. Terdapat tiga generasi yang meneruskan usaha ini sejak kali pertama didirikan oleh Mendiang Mbah Syari’ah.

Saat ini usaha kuliner yang telah melegenda dikelola oleh anak dan keluarganya. Pemilik kuliner rawon legendaris ini tahu betul cara mempertahankan cita rasa kelezatan legendaris yang khas dan para pelanggannya.  Jenis bahan dan bumbu tidak diubah sedikitpun, kuah rawonnya pun tanpa lemak sehingga di mulut tidak terasa hambar. Dalam sajiannya hanya ada kuah dan daging sapi dengan potongan yang cukup tebal tapi empuk.

Dalam satu panci rawon, terdapat satu kilogram bumbu yang terdiri atas campuran keluak, kunyit, bawang putih, bawah merah, jahe, serai, lengkuas, dan jeruk purut. Bumbu-bumbu itu terus dipertahankan dari dulu sampai kini oleh sang pemilik usaha.

Ninik Wahyuni salah satu pengelolah rawon rampal saat ini. Cucu pendiri warung ini berkata,

“bahwa yang membuat cita rasa masakannya tetap otentik adalah cara memasaknya yang masih menggunakan tungku kayu bakar sehingga membuat cita rasa dan aroma masakannya makin lezat.”

Tak main-main sepiring rawon dengan nasi yang cukup banyak serta irisan daging yang cukup besar sehingga membuat sobat santap kenyang dan tak ketinggalan kecambah segar dan sambal membuat semakin nikmat untuk di santap. Namun tenang saja, jika sobat santap dirasa terlalu banyak kalian bisa pesan setengah porsi saja. 

“Pricey, but worth to try. Tempatnya asik, pelayananya baik. Rame di jam sarapan dan selalu rame terus, hehe. Rekomen lah kalo buat ngidam rawon enak.” Ujar Shantica Arum, pelanggan rawon rampal legendaris.

Satu porsi rawon menghabiskan Rp 40.000 memang mahal jika dibandingkan kedai warung-warung kebanyakan, namun harga ini sebanding dengan cita rasa san isian yang disajikan.

Depot Rawon Rampal buka mulai pukul 7 pagi hingga pukul 1 siang kalian sudah bisa melakukan pemesanan depot ini, tampaknya warung ini tak pernah sepi pembeli. Terlebih saat jam makan, dipastikan kalian harus bersabar untuk mengante yang cukup panjang. 

Pelanggan dari Depot Rawon Rampal ini tidak hanya warga sekitar saja tapi dari berbagai kota datang kesini untuk mencicipi rawon legendaris ini, bahkan presiden RI ke-7, Joko Widodo dan presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pernah berkunjung di depot satu ini.

Nah gimana sobat santap tertarik untuk makan rawon yang terkenal akan kelezatan legendaris nya ini? Yuk, datang ketempatnya dan rasakan cita rasa yang khas dan nikmat.

Penulis: Fahmi Maulana

One thought on “Nikmati Kelezatan Legendaris Rawon di Kota Malang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *