Mantapnya Seblak Coet Viral ala Mamang Rafael

June 27, 2023

Seblak coet mamang rapael memang sedang viral di media sosial. Perpaduan kerupuk mawar dan citra rasa sambel kencur yang dipadukan dengan minyak panas diatas coet memang definisi menu sederhana tapi nikmat. 

Seblak coet berasal dari bahasa sunda yang artinya seblak cobek. Karena dari mulai proses masak sampai makan pun di dalam coet.

Sobat santap pasti tidak asing dengan mamang rapael sang pencipta seblak coet ini. Mamang rapel panggilan akrab netizen kepada Rafael Tan personil boyband SMASH yang sempat viral menemani masa muda kaum gen Y nih sekitar tahun 2010an. Sudah lama tidak wara – wari di televisi ternyata rafael tan membuka restoran Geprek Rafael. Lokasinya ada di Garut, Jawa Barat. Tepatnya di Jalan Otista, Tarogong, depan kampus STIE Yasa Anggana, Garut 

Dikutip dalam kanal YouTube Trans TV Official pada Senin (5/6/2023), Rafael Tan menceritakan awal mula mempopulerkan seblak coet ini nih. 

“Jadi waktu itu lebaran pulang kampung, biasa malem-malem laper,” ujar Rafael. 

Namun sayangnya karena moment lebaran warung sunda langgananya yang menyajikan segala menu aci pun masih tutup.

Dari situlah Rafael Tan mencoba membuat sesuatu.

Kebetulan di rumah Rafel tan saat itu ada bahan bahan seblak dan bakso aci. Akhirnya Rafel Tan dan sang adik membuat bakso aci dan seblak. Hanya saja bakso acinya dianggap terlalu biasa namun seblak coet ini jarang di temui.

“Aku bilang ‘dek bikin apa kek cemilan yang ada di sini’ akhirnya ada kerupuk sisa sedikit di rumah, yaudah aku bikin seblak aja sama bakso aci, Cuma bakso aci kayak biasa aja ya, seblak ini kayak belum pernah lihat,”  ujar Rafael.

Bukan hanya di media sosial saja, di kehidupan sehari – hari terutama masyarakat di Pulau Jawa bagaikan dari mata turun ke lidah, banyak masyarakat yang mulai icip – icip dan buat sendiri seblak cobek ini.

Salah satunya Sofiah dan Melda seorang IRT yang menjadi aktivis komunitas hijrah yang mengaku mencoba seblak coet karena viralnya “ “Ya pasti karena viral teh,“ ujar sofia

 “cuma aku nggak ikutin kayak di siram air panas tapi di tumis bikinnya,” tambah Sofia

Wah kalau masyarakat umum sudah mencoba seblak coet mamang rapael ini. Sobat santap sudah mencoba belum nih 

Penulis : NN. ST. Serieen

Gambar : Wanindia Balqis Athallah

Tags: , ,

4 thoughts on “Mantapnya Seblak Coet Viral ala Mamang Rafael”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *