Mengupas Tuntas Tentang Nutrisi Balungan

June 27, 2023

Sobat santap udah ada yang pernah cobain balungan soto belum? Atau bahkan sobat santap masih asing sama balungan soto? Tim Santapan Asia bakal mengupas tuntas tentang balungan hingga nutrisi balungannya. 

Balungan atau yang biasa disebut juga dengan karkas merupakan bagian bagian hewan ternak seperti ayam yang sudah dikuliti atau bahkan sudah di ambil daging hingga jeroannya sehingga hanya menyisakan tulang dan sedikit daging yang menempel pada tulang tersebut yang nantinya tulang itu akan direbus bersama rempah rempah.

Tujuan mengeluarkan kaldu dari ayam tersebut setelah itu air kaldu tersebut bisa digunakan pada masakan masakan seperti sayur sop dan soto. Setelah di ambil kaldu dari tulangnya, baluangan yang sudah matang tersebut bisa di gunakan menjadi hidangan sampingan yang biasanya akan dikonsumsi bersama sop dan yang paling terkenal di gabung dengan soto sehingga namanya menjadi soto balungan. 

KADAR NUTRISI PADA BALUNGAN

Tapi tahukah sobat santap kadar nutrisi yang terdapat pada sebuah balungan soto? 

Menurut Sevi Nahdia Rosma yang bekerja di bidang food safety, “setiap nutrisi yang terdapat pada balungan soto yang di konsumsi tidak dapat di sama ratakan karena harus dilihat kembali bahan dan rempah apa yang digunakan untuk memasak balungan soto tersebut sehingga bisa memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Dan apakah balungan soto tersebut walaupun memiliki kadar nutrisi yang berbeda dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan pada tubuh manusia dalam 1 hari? Jawabannya tentu tidak karena setiap manusia memiliki kebutuhan kalori yang berbeda seperti kalori yang dibutuhkan oleh orang dewasa pada umumnya mebutuhkan rata rata sekitar 2000 Kkal/hari sehingga sudah jelas balungan tersebut tidak dapat memenuhi kalori yang dibutuhkan dalam sehari. “

Namun, apakah berarti balungan tidak memiliki gizi di dalamnya? Belum tentu, karena setiap balungan yang sudah dimasak dan nutrisi nya sudah menjadi kaldu bukan berarti balungan tidak memiliki kadar nutrisi. Balungan yang sudah di masak masih tetap memiliki nutrisi di dalamnya karena setiap proses pemasakan balungan tidak 100% nutrisi yang ada di balungan tersebut keluar sehingga masih tersisa nutrisi nutrisi sisa di dalamnya walaupun sedikit.

DAMPAK MENGKONSUMSI BALUNGAN SECARA RUTIN

Nah selanjutnya kita akan membahas dampak mengkonsumsi balungan jika dikonsumsi secara rutin pada asupan gizi kita, apakah memiliki dampak baik atau justru terdapat dampak buruk jika rutin mengkonsumsi balungan? Menurut sevi, ”Kalo dikonsumsi secara rutin (dalam artian setiap hari dan setiap kali makan?) Ya dampaknya pada kesehatan ya tentu nggak bagus ya, dalam 1 kali makan itu kita butuh berbagai sumber nutrisi (karbohidrat, protein, lemak, berbagai macam vitamin, serat (buah&sayur), air). Kalau dari komposisinya kan belum mengandung semua itu, ya kalo dikonsumsi setiap kali makan setiap hari bisa berisiko defisiensi vitamin, serat dsb. Makanan yg sehat itu disarankan beragam dan seimbang kandungan nutrisinya.”

seperti yang sudah dibahas tadi, pada setiap balungan memiliki kadar nutrisi yang berbeda jadi tentunya tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh karena pada proses memasak ada 2 faktor yang utama yang mempengaruhi kandungan  nutrien makanan; suhu dan waktu pemasakan. Ada faktor lain spt misal proses pencucian bahan mentah juga (krn bs menghilangkan beberapa zat gizi). 

MENAMBAHKAN NUTRIEN PADA BALUNGAN AKAN MENAMBAHKAN KADAR NUTRISINYA 

Walau pada balungan tidak terdapat kandungan nutrisi yang cukup untuk kebutuhan nutrisi kita dalam 1 hari, ternyata ada lho caranya agar balungan itu memiliki kadar yang lebih baik, yaitu dengan cara memodifikasi hidangan yang disajikan pada balungan tersebut.

Cara memodifikasinya bisa dengan menambahkan protein serta menambahkan sayur yang dirasa cocok ke dalam masakan (contoh tauge,wortel, atau kol). Modifikasi juga bisa disesuaikan untuk siapa yang akan mengonsumsi, apakah untuk diet orang normal, atau untuk penderita penyakit tertentu. 

PENYAKIT YANG BERPENGARUH PADA KUALITAS BALUNGAN

Karena balungan berasal dari hewan ternak, tentu nya hewan ternak memiliki penyakit yang memiliki pengaruh pada kondisi hewan ternak yang akan dipasarkan nantinya, tapi apakah ada suatu penyakit atau obat obatan yang diberikan pada hewan ternak yang dapat mempengaruhi balungannya? 

Menurut Daffa Muhamad Haikal Muharram sebagai mahasiswa peternakan Universitas Brawijaya,

“sejauh ini belum ada riset yang menunjukkan bahwa ada suatu penyakit yang dapat mempengaruhi balungan hingga ke tulang tulangnya, akan tetapi masih ada penyakit yang memiliki dampak terhadap dagingnya tetapi tidak untuk tulang hewan ternak. Karena hewan ternak jelas berbeda jauh dengan manusia yang sebagai contoh memiliki penyakit osteoporosis yang memiliki dampak pada tulang sehingga bisa keropos.”

Haikal juga mengatakan bahwa, “untuk obat obatan yang dikonsumsi hewan ternak khususnya ayam belum tentu memiliki dampak pada balungan soto tersebut karena tergantung dari dosis yang digunakan pada obat tersebut apakah dosis berat atau dosis ringan, dan juga tergantung pada kandungan obat tersebut apakah memiliki komposisi yang berbahaya untuk manusia atau tidak. Namun, sejauh ini belum ada catatannya bahwa manusia yang keracunan makanan yang dihasilkan oleh hewan ternak akibat hewan tersebut mengkonsumsi obat obatan tersebut. 

Jadi, apakah sobat santap tertarik dengan balungan soto ayam? Yuk cobain biar nggak penasaran

Penulis : Alif Rayhan Iskandar

Gambar : google

2 thoughts on “Mengupas Tuntas Tentang Nutrisi Balungan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *