Sensasi Hidangan Dimsum dari Tiongkok

June 20, 2023

Halo sobat santap kembali lagi bersama kami santapan asia. Kali ini Sobat Santap sudah tidak asing lagi dengan makanan yang popular ini. Ya, dimsum telah menjadi bagian streetfood yang populer saat ini. Selain itu juga tak terpisahkan dari tradisi kuliner tiongkok dan menjadi salah satu warisan kulinernya yang paling terkenal. 

Sejarah Dimsum 

DIM SUM (dalam dialek Cantonese) atau 點心 (dalam bahasa Mandarin) secara harafiah berarti sedikit dari hati atau menyentuh hatimu. Kata ini disunting dan frasa yi dian xin yi (一点心意) yang artinya sedikit tanda mata. Kemudian secara umum digunakan sebagai istilah untuk menyebut camilan ringan.

Dimsum awalnya dikenal sebagai yum cha, yang secara harfiah berarti minum teh dalam bahasa kanton. Seiring waktu, yum cha berkembang menjadi tradisi sosial yang mencakup camilan kecil dengan teh.

Lalu dimsum kemudian menyebar ke berbagai wilayah China dan menjadi bagian dari budaya makanan yang kaya. Hong Kong adalah pusat dim sum yang terkenal dengan restoran yang menawarkan berbagai macam hidangan dimsum yang lezat.

Keunikan Dimsum

Menurut Ipung, “saya menyukai dimsum, karena keunikan dan variasi rasanya. hidangan ini terdiri dari berbagai jenis mulai dari dikukus, direbus, atau digoreng, dengan beragam isian dan rasa yang khas. Lalu hidangan dimsum memiliki cita rasa yang berbeda-beda, mulai dari rasa gurih, manis, pedas, hingga asam.”

Penyajian dimsum dari Tiongkok yang unik juga menawarkan pengalaman bersantap yang unik loh sobat santap. Hidangan dimsum biasanya disajikan di piring kecil atau keranjang bambu dan dimakan dengan sumpit atau sendok kecil. 

Hal ini memungkinkan pelanggan mencoba beberapa jenis dimsum berbeda dalam satu piring dan memberikan kesempatan untuk bereksperimen dengan kombinasi rasa dan tekstur yang berbeda. Serta menciptakan rasa kebersamaan saat hidangan dimsum disajikan dan dibagikan di meja sehingga menjadi salah satu makanan favorit 

Selain itu, sobat santap dimsum dari tiongkok ini sering dianggap sebagai hidangan sosial yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. Saat menyantap dimsum, orang dapat duduk bersama di sekitar meja, berbagi hidangan, dan berbincang-bincang sambil menikmati makanan.

Dimsum menciptakan suasana santai dan akrab, di mana orang dapat saling berbagi dan menikmati hidangan bersama. 

Banyaknya variasi serta jenisnya, dimsum memiliki cemilan yang populer bisa disantap kapan pun dan dimanapun. 

“konsumen dimsum yang tidak pandang usia jadi bisa di konsumsi dengan siapapun,” ujar Yayan pemilik kedai dimsum 

Kepopularitasan Dimsum

Kepopularitasan dimsum di lihat banyaknya kedai kedai dimsum yang  ada di berbagai kota ataupun asia. Kemampuan dimsum menawarkan cita rasa otentik,tekstur yang unik,dan variasi yang beragam menjadikan populer di kalangan pecinta kuliner internasional.. 

Jika Sobat Santap suka menyukai dimsum menyantap pagi hari,siang hari,sore hari atau malam hari nih? dimsum umumnya di sajikan pada pagi hari sebagai menu sarapan, seiring berjalannya waktu dimsum juga menyajikan hidangan sepanjang hari.

Dalam hal ini sobat santap menikmati dimsum tidak hanya pada waktu sarapan, tetapi juga makan siang ataupun makan malam. 

Pengolahan Dimsum

Pada hidangan dimsum khas Tiongkok memiliki berbagai cara pengolahan, antara lain  dikukus, direbus, atau digoreng. Setiap jenis dimsum memiliki proses masak yang khas untuk mencapai tekstur dan cita rasa yang enak . Pada dimsum yang dikukus antara lain bakpao, siomay, dan bola daging. Sementara itu, dimsum yang direbus antara lain jiaozi atau pangsit dan ada juga jenis dimsum yang digoreng, seperti hakau dan lumpia.

Bahan-bahan yang umum digunakan dalam dimsum mencakup, antara lain:  daging cincang daging sapi, ayam, ikan, udang  atau kepiting. Sayuran seperti daun bawang, jamur, atau wortel juga menjadi komponen umum dalam hidangan dimsum. 

Bumbu-bumbu khas, seperti bawang putih, jahe, dan saus khas dimsum, memberikan rasa yang khas pada hidangan ini.

Dari kombinasi dari bahan-bahan tersebut menciptakan rasa dan tekstur yang khas pada dimsum. Menjadikannya hidangan yang lezat dan menggugah selera. Keberagaman dalam jenis dimsum juga memungkinkan dalam menemukan varian yang sesuai dengan selera atau favorit sobat santap. Komen dimsum kesukaan kalian ya, Sobat Santap

Penulis : Erik Agus Yudhistira

Tags: , ,

One thought on “Sensasi Hidangan Dimsum dari Tiongkok”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *