Sengkaling Kuliner: Luas Tempatnya, Puas Makannya

June 19, 2023

SANTAPAN ASIA, Malang – Hallo sobat santap, bagi kalian yang pernah main di sekitar Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kampus 3 pasti pernah lewat Taman Rekreasi Sengkaling. Selain dari tempatnya yang luas dan terkenal akan family place nya, Taman Rekreasi Sengkaling juga punya tempat kuliner lho. Sengkaling Kuliner namanya.

Kali ini Tim Santapan Asia membahas resto yang menyajikan berbagai makanan yang patut di coba di Sengkaling Kuliner atau biasa disingkat dengan SEKUL. Hmm apa saja ya menu yang ada di SEKUL ini? Yuk, Simak Sobat Santap!

Awal Mula Nama Sengkaling Kuliner

“Sengkaling Food Festival berdiri pada tahun 2014 dan diakuisisi oleh Universitas Muhammadiyah Malang dan berganti nama menjadi Sengkaling Kuliner,” Jelas Anin selaku marketing dari Sengkaling Kuliner.

Namanya berubah menjadi Sengkaling Kuliner seperti yang terkenal sekarang yang di bawah naungan Universitas Muhammadiyah Malang.

Ragam Kuliner di Sengkaling Kuliner

Bagi Sobat Santap berkunjung di Taman Rekreasi Sengkaling, tidak perlu takut kelaparan. Tepat di depan sebelah parkiran, tersedia makanan ringan hingga berat yang ada di SEKUL, dengan tempat yang bagus dan cukup luas itu Sobat Santap bisa menikmati makanan disana bersama keluarga maupun teman.

Soal harga yang ditawarkan kepada pengunjung juga sangat terjangkau, tidak seperti di pujasera lain.

Makanan yang ditawarkan juga berbagai macam loh, ada makanan tradisional, chinese food, hingga western food yang recommended untuk di coba di Sengkaling Kuliner lho, Sobat Santap.

Beberapa yang recommended di SEKUL ini adalah bakmie, ayam krispi sambal matah, dan ayam lodho. Beberapa makanan western seperti chicken dan beef steak dan banyak juga makanan yang recommended yang harus kalian coba di SEKUL. 

Tidak hanya tempat makanan saja Sobat Santap, tepat di sebelah SEKUL terdapat Kampoeng Kopi yang menyediakan macam-macam kopi yang kekinian lho, Sobat Santap. 

Menunya juga beragam, tidak hanya kopi tentunya juga ada non-kopi. Untuk harganya mulai dari Rp 6000 saja, sudah bisa ngopi disini lho. “Kopi yang paling digemari oleh pengunjung yaitu menu kopi kampung,” ungkap Naufal, barista Kampoeng Kopi 

“Walaupun pembuatan kopinya masih terbilang manual dan sangat sederhana. Rasanya nggak jauh beda dengan kopi-kopian yang udah pakai mesin,” ungkap Salsa, pengunjung Kampoeng Kopi

Cocok Untuk Berkumpul Bersama

Suasana yang nyaman dan aman, serta lokasinya yang strategis dan luas hingga dapat menampung sebanyak lebih dari 500 orang lho, Sobat Santap.

Sengkaling Kuliner sangat cocok untuk digunakan sebagai sarana berkumpul dengan keluarga, teman, hingga komunitas dan bahkan beberapa komunitas juga sering berkumpul bersama di SEKUL

Terlebih lagi, sekarang Sekaling Kuliner bekerjasama dengan bike club dan car club yang ada di Malang, karena biasanya kalau club berkumpul pastinya memerlukan tempat yang luas bagi kendaraan mereka. 

Sengkaling Kuliner ini mempunyai fasilitas untuk club yang mau melakukan kumpul atau kopdar di sana.

Tidak hanya melayani event club mobil dan motor, SEKUL melayani  berbagai aktivitas mahasiswa seperti rapat organisasi, kumpul angkatan hingga acara wisuda. Di tempat ini siap melayani acara-acara mahasiswa. Eits, bagi mahasiswa UMM akan mendapatkan discount lho, Sobat Santap. 

Selain itu, SEKUL juga bisa digunakan untuk acara nikahan bagi mereka yang ingin mengadakan acara. “Untuk paket wedding sekitar 6 juta untuk weekdays dan 7 juta untuk weekend,” jelas Anin. Budget nikahan di sana tidak semahal yang dibayangkan kan, Sobat Santap.

Bagi para keluarga, mahasiswa, komunitas SEKUL sangat recommended untuk tempat berkumpul karena mereka sangat terbuka untuk mengadakan event event besar. Tidak perlu khawatir soal konsumsi, karena sengkaling kuliner tidak mematok harga tetap untuk mereka yang ingin berkumpul.

Semisal ada komunitas yang ingin mengadakan kumpul-kumpul dan dari komunitas tersebut hanya ada budget konsumsi per rice bowl di harga Rp 12.000 ribu untuk 200 orang misalnya, sekaling kuliner sangat bisa menerima berapapun budget makanan itu dan tidak mematok harga harus 20.000 ribu misalnya. 

Jadi di SEKUL bisa menyesuaikan budget konsumsi untuk yang ingin mengadakan event besar plus tambahan diskon

Bayar dengan praktis 

“Kalau dulu bayarnya pakai kartu member yang di top-up minimal Rp 50.000, sekarang tidak lagi. Kini pengunjung Sengkaling Kuliner dapat membayar dengan cash, debit maupun dengan QRIS untuk memudahkan pengunjung,” jelas Anin. 

Wah, seiring berjalannya zaman di era digital, SEKUL sudah menggunakan pembayaran yang praktis ya, Sobat Santap.

Gimana Sobat Santap? Tertarik nggak untuk berkunjung kesini? Tempatnya yang luas juga makanannya enak-enak lho. Jangan lupa ajak saudara maupun teman-teman kalian kesini. Cobain juga menu recommendednya dari Tim Santapan Asia dan Sengkaling Kuliner ya, Sobat Santap 

Penulis : Fabian Ferdiansyah

Sumber Foto : Fabian Ferdiansyah

Tags: , ,

4 thoughts on “Sengkaling Kuliner: Luas Tempatnya, Puas Makannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *