Kebiasaan Orang Indonesia Makan Nasi, Apa sebabnya?

May 27, 2023

SANTAPAN ASIA, Malang. Halo Sobat Santap! Indonesia dikenal dengan negara yang keberagaman budaya dan juga tradisi. Salah satu aspek yang menarik dari budaya Indonesia adalah kebiasaan orang Indonesia makan nasi lho, Sobat Santap. Ternyata nasi di Indonesia adalah salah satu bahan pokok yang paling populer dan sebagian besar penduduk Indonesia terbiasa makan nasi lho, Sobat Santap! Selain itu, nasi juga memiliki peran penting dalam budaya Indonesia dan sering dikaitkan dengan acara-acara sosial dan keagamaan, Sobat Santap. Yuk simak artikel ini, Sobat Santap!

Orang Indonesia terbiasa makan nasi rupanya merupakan dari masa lampau lho, Sobat Santap. Dahulu nasi dianggap makanan yang termasuk mewah dan hanya bisa dinikmati oleh para bangsawan, karena pada saat itu nasi dianggap sebagai simbol kemakmuran dan status sosial. Seiring dengan berkembangnya zaman, nasi menjadi semakin terjangkau dan dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Sekarang nasi menjadi makanan pokok yang biasa dikonsumsi oleh orang Indonesia. Nasi dapat dijumpai di hampir setiap hidangan dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia.
Lalu apa saja faktor-faktor yang menjadikan nasi adalah pilihan utama orang Indonesia?

Berikut adalah faktor-faktornya :

1. Tradisi
Selain sudah menjadi hal yang biasa, makan nasi juga menjadi bagian tradisi di Indonesia lho, Sobat Santap. Contohnya nih, saat perayaan hari Raya Idul Fitri, masyarakat Indonesia menyajikan hidangan nasi kuning atau nasi uduk sebagai mencapai hari kemenangan atau simbol kebahagiaan. Selain itu, pada saat upacara adat, pernikahan, hingga ulang tahun, nasi juga menjadi bagian dari hidangan yang disajikan. Contoh : Tumpengan. Tumpengan biasanya diadakan sebagai simbol persatuan dan kebersamaan. Sobat Santap pasti sudah tidak asing dengan bentuk tumpeng yang berbentuk kerucut atau biasanya berbentuk gunung. disekitar tumpeng terdapat lauk-pauk, sayuran, dan buah-buahan yang diatur dengan rapi.

2. Banyak macam-macam nasi
Hmm rupanya kebiasaan orang Indonesia makan nasi membuat orang-orang Indonesia kreatif juga ya, Sobat Santap. Ternyata nasi juga banyak variannya, Sobat Santap. Contohnya di Jawa Tengah ada nasi liwet yang dimasak dengan cara merebus nasi dan dicampur oleh santan dan rempah rempah. kedua, di Medan, Sumatera Utara ada nasi goreng teri medan yang diolah dengan bumbu bumbu dan teri medan. Nasi goreng teri medan juga dilengkapi telur dadar dan acar. Jenis nasi yang paling umum dikonsumsi oleh orang Indonesia yaitu nasi putih. Nasi putih dihidangkan oleh sayuran dan lauk-pauk. Biasanya orang Indonesia menganggap kalau nggak makan nasi ya belum makan. Sarapan, Makan siang sampai makan malam pun orang Indonesia makannya ya kebanyakan nasi. Bahkan orang Indonesia juga kerap mencampurkan nasi dengan mie, hahaha pernah coba nggak, Sobat Santap? Di Indonesia juga terdapat warung-warung yang menjual nasi dan harganya juga sangat terjangkau.

3. Buat kenyang dan agar tidak lemas
Nasi juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Karbohidrat yang terkandung dalam nasi itulah yang menjadi sumber energi bagi tubuh. Maka dari itu, kebiasaan orang Indonesia makan nasi dan banyak orang tua yang selalu memaksakan anak-anaknya untuk memakan nasi, karena selain tradisi nasi juga menjadi sumber energi untuk tubuh agar tidak lemas. Kendati begitu, nasi juga mengandung serat, protein dan vitamin B kompleks yang berperan penting bagi kesehatan tubuh manusia.

Tetapi, terlalu banyak makan nasi juga berdampak buruk bagi kesehatan, seperti : peningkatan kadar gula darah dan resiko obesitas. Oleh karena itu kita perlu mengatur porsi nasi yang seimbang dan sehat.

Nah bagaimana Sobat Santap? Apa menu nasi favoritmu? Apakah kamu juga suka makan nasi setiap hari? tulis di kolom komentar yaa

Penulis : Wanindia Balqis Athallah

Tags: , ,

5 thoughts on “Kebiasaan Orang Indonesia Makan Nasi, Apa sebabnya?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *