Jelajahi Kelezatan Cita Rasa Khas Asia dari Berbagai Negara

May 28, 2023

SANTAPAN ASIA, Malang – Halo Sobat Santap! Pastinya kalian sudah tahu kan keunikan rasa yang terkandung dalam masakan khas Asia? Ya, Makanan Asia memiliki cita rasa yang sangat khas dan beragam. Dari nasi goreng hingga sushi, makanan khas Asia telah menjadi populer di seluruh dunia dan menjadi favorit banyak orang. Makanan khas Asia memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Dari hidangan kuno yang berasal dari Tiongkok hingga masakan modern yang memadukan rasa dan teknik dari berbagai negara, makanan khas Asia telah melampaui batas-batas geografis dan budaya. Beberapa hidangan Asia yang paling terkenal di dunia antara lain ramen Jepang, tandoori India, bibimbap Korea, nasi goreng Indonesia, dan masih banyak lagi kuliner Asia lainnya.

Tidak hanya kelezatan yang terkandung dalam makanan khas Asia, namun makanan khas Asia banyak mengandung gizi sebab komposisinya dari bahan-bahan alam lho, Sobat Santap. Sebagian besar makanan khas Asia menggunakan bahan-bahan segar dan alami , seperti sayuran dan rempah-rempah, yang kaya akan nutrisi dan antioksidan.

Di artikel ini penulis akan mengajak para Sobat Santap mengeksplorasi rasa rasa lezat dari berbagai negara yang ada di Benua Asia serta bahan bahan alami apa saja yang rata-rata mereka gunakan, yuk ketahui mana yang akan atau malah sudah jadi favorit para Sobat Santap!

1. Korea Selatan
Seperti yang Sobat Santap tahu, makanan Korea digemari para anak muda terutama pecinta drama Korea. Makanan-makanan Korea viral melalui tontonan serial drama Korea yang akhirnya membuat mereka ingin mencicipi masakan Korea. Masakan Korea terkenal dengan rasa pedasnya yang menggugah selera. Kimchi adalah makanan khas Korea Selatan yang paling terkenal di seluruh dunia. Kimchi terbuat dari sayuran seperti kubis, lobak, atau sawi yang difermentasi dengan bumbu-bumbu pedas dan asam. Kimchi biasanya dimakan sebagai lauk atau sebagai bahan untuk membuat sup atau nasi goreng. Selain itu, ada juga bibimbap yang lengkap dengan nasi, sayuran, dan daging lalu diaduk dengan saus gochujang. Lalu ada Bulgogi, daging sapi yang dimasak dengan bumbu-bumbu basah seperti kecap manis.

2. India
India terkenal dengan rempah-rempahnya yang kaya dan makanan vegetariannya yang lezat lho, Sobat Santap. Masakan India biasanya dibuat dengan bumbu-bumbu seperti jinten, kayu manis, dan kari. Kari biasa dimakan dengan naan atau paratha, Sobat Santap. Selain itu, makanan India yang terkenal lainnya adalah pani puri yang berasa asam dari kuahnya, biryani yang berisikan nasi dan dilengkapi ayam atau daging, dan dosa. Eits, bukan dosa perbuatan ya Sobat Santap, dosa yang satu ini adalah kue dari tepung beras yang isinya sayuran dan kentang.

3. Thailand
Thailand terkenal dengan makanan pedasnya yang lezat. Tom yum adalah makanan khas Thailand yang paling terkenal di seluruh dunia. Tom yum adalah sup pedas dengan udang atau ayam, jamur, dan rempah-rempah seperti serai dan daun jeruk. Tom yum biasanya disajikan dengan nasi atau mie. Rasa dari tom yum sendiri adalah asam, Sobat Santap. Selain tom yum, Thailand juga terkenal dengan pad thai, green curry, dan mango sticky rice. Pad thai adalah mie dengan sayuran dan udang yang diaduk dengan saus tamarind dan kacang tanah. Green curry adalah makanan pedas dengan daging atau sayuran yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah seperti ketumbar dan jahe. Mango sticky rice adalah makanan penutup dengan nasi ketan, irisan mangga, dan santan.

4. Jepang
Jepang terkenal dengan makanan ramen yang gurih dan lezat, Sobat Santap. Selain itu juga ada sushi. Sushi adalah salah satu makanan khas Jepang yang paling terkenal di seluruh dunia. Sushi terdiri dari nasi yang dibentuk menjadi bola kecil dan diberi topping ikan mentah atau makanan laut lainnya. Sushi biasanya disajikan dengan kecap asin, wasabi, dan jahe. Sekarang kita bisa menemukan sushi dimana-mana lho, Sobat Santap.

Nah, itu tadi cita rasa dari makanan Asia, Sobat Santap. Memang semua makanan Asia memiliki satu kesamaan yaitu menggunakan rempah-rempah yang kaya rasa dan aroma namun sangat lezat dan nikmat. Bagaimana menurutmu? Makanan Asia sangat lezat dan unik, bukan? Apa nih yang jadi favorit Sobat Santap? Komen dibawah yaa

Sumber Foto : Adobe Stock

Penulis : Wanindia Balqis Athallah

Tags: , ,

5 thoughts on “Jelajahi Kelezatan Cita Rasa Khas Asia dari Berbagai Negara”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *