Yuk Kenali Mendol yang Endul

May 23, 2023

SANTAPAN ASIA, Malang – Halo Sobat Santap! Siapa yang belum tahu mendol? Mendol biasanya sebagai makanan pendamping saat makan rawon lho, Sobat Santap. Sobat Santap penasaran tentang mendol? Yuk kenali mendol!

Sejarah Mendol

Tahukah Sobat Santap? ternyata mendol merupakan inspirasi masakan dari Belanda yang dulu pernah menjajah Indonesia. Pembuatannya sama seperti cara membuat perkedel. Nah, perkedel merupakan makanan dari Belanda, Sobat Santap.

Hidangan ini dibuat dengan cara mengepalkan adonan sampai adoan padat lalu digoreng di dalam minyak yang panas.
Teknik membentuk mendol dengan cara dikepal sangatlah penting dalam proses pembuatan hidangan ini.

Uniknya Mendol

Keunikan mendol ini terbuat dari tempe busuk yang sudah terlihat hitam hitam. Ini merupakan agar makanan yang masih utuh tidak terbuang sia sia. Meski terbuat dari tempe yang telah busuk, mendol masih mengandung gizi yang bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat Gizi Tempe Mendol

Dikutip dari Tribunnews, mendol mempunyai banyak gizi yang baik untuk anak hingga dewasa.

Magnesium yang ada pada mendol membantu untuk mencegah pembekuan darah dalam tubuh. Vitamin B2 membantu dalam mengatur pertumbuhan dan reproduksi lho, Sobat Santap. Kandungan isoflavon kedelai yang terdapat di dalam mendol membantu mengatasi gejala menopause yang ditimbulkan karena kurangnya hormon estrogen.

Nah, sekarang Sobat Santap telah mengenali mendol bukan? gimana? sepertinya enak gak nih dimakan siang siang sama semangkuk nasi juga rawon. Jadi lapar nih, Sobat Santap. Baca berita yang lain juga ya Sobat!

Penulis: Wanindia Balqis Athallah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *