Infografis : 5 Ciri Makanan Sehat yang Perlu Sobat Santap Ketahui

May 21, 2023

SANTAPAN ASIA, Malang – Sobat santap tau nggak si makanan sehat? Makanan sehat tidak harus yang mengandung serat tinggi nih sobat santap. Makanan yang sehat makanan yang mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh manusia membutuhkan bermacam nutrisi untuk menjaga tubuh tetap sehat dan pertumbuhan yang agar dapat berjalan dengan optimal. Konsumsi makanan yang sehat mampu menjaga tubuh dari berbagai penyakit tidak menular, seperti penyakit jantung diabetes dan kanker. Berikut 5 ciri makanan sehat : 

1. Makanan yang mengandung serat tinggi : Makanan tinggi serat menjadi salah satu jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Serat berperan untuk melancarkan buang air besar, mencegah penyakit kronis, hingga menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan manfaat dari serat, maka asupan serat harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

2. Makanan yang terdapat sayuran hijau : salah satunya sayuran hijau yang sehat dikonsumsi yaitu kangkung, brokoli, sawi , kubis, bayam, dan lain lain.

3. Mengandung omega 3 : Omega-3 jenis lemak esensial yang menawarkan beragam kebaikan, mulai dari membantu menjaga kesehatan mata hingga menurunkan risiko kanker.

4. Makanan yang mengandung antioksidan : Antioksidan zat alami ataupun buatan manusia yang dapat mencegah atau menunda beberapa jenis kerusakan sel akibat proses oksidasi oleh oksidan.

5. Makanan yang tidak mengandung lemak jahat : Lemak jahat yaitu lemak trans dan lemak jenuh. Makanan tinggi lemak jahat, meliputi kulit unggas, bacon, sosis, susu murni, krim, mentega, margarin stik, dan mentega putih. Tak hanya itu, beberapa makanan yang digoreng, makanan yang dipanggang, dan kue kering juga mengandung lemak jahat.

Nah itulah ciri-ciri makanan sehat, sobat santap yuk mulai makan-makanan sehat dari sekarang. Jangan lupa komen dibawah yaa

Penulis : Salsabila Faraicha Wijaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *