Ciri Khas Nasi Goreng Indonesia, Kesukaan Para Turis

May 8, 2023

SANTAPAN ASIA, Malang – Halo sobat santap. Indonesia mempunyai makanan yang sangat digemari dari mancanegara maupun lokal yaitu nasi goreng, Nasi goreng merupakan hidangan populer di banyak bagian dunia, termasuk Cina, Thailand, Indonesia, dan Filipina. Banyak turis mancanegara yang mencari-cari nasi goreng. Hmm sepopuler itukah nasi goreng? Apa saja ya ciri khas dari nasi goreng?

Nasi goreng merupakan makanan sederhana yang dapat ditemukan di berbagai pedagang kaki lima, pujasera, dan restoran kasual. Ini juga merupakan hidangan yang relatif cepat dan mudah disiapkan, menjadikannya pilihan populer bagi pelancong yang sibuk.

Selain harga nasi goreng yang relatif murah di Indonesia dan dapat ditemukan secara mudah. Wisatawan banyak tertarik dengan hidangan ini sebagai cara untuk mencoba sesuatu yang populer di kalangan penduduk setempat. Nasi goreng memiliki rasa yang otentik dan gurih yang dapat dikaitkan dengan kombinasi bahan yang digunakan dalam hidangan tersebut, antara lain nasi, sayuran, daging atau makanan laut, serta berbagai bumbu dan saus.


Ciri khas nasi goreng Indonesia atau nasi goreng inilah yang membuatnya begitu terkenal dan dicintai baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa karakteristik utamanya :

1. Bumbu
Nasi goreng Indonesia dibuat dengan berbagai bumbu, antara lain bawang putih, bawang merah, cabai, dan terasi. Rempah-rempah ini memberi hidangan rasa yang unik dan kompleks, gurih dan sedikit pedas.
Kecap
Nasi goreng Indonesia dimasak dengan kecap yang memberikan warna gelap yang berbeda dan menambahkan rasa umami yang kaya.

2. Tekstur
Nasi yang digunakan dalam nasi goreng biasanya dimasak dan didinginkan terlebih dahulu, sehingga teksturnya lebih kencang daripada nasi yang baru dimasak. Tekstur ini sangat cocok untuk proses penggorengan karena memastikan nasi tidak menjadi lembek dan mempertahankan bentuknya.

3. Protein
Nasi goreng Indonesia bisa dibuat dengan berbagai macam protein, antara lain daging ayam, daging sapi, udang, dan tahu. Keserbagunaan dalam pilihan protein ini membuat hidangan ini cocok untuk preferensi diet yang berbeda.

4. Topping tambahan
Nasi goreng Indonesia sering disajikan dengan topping tambahan, seperti telur goreng, bawang merah goreng, asinan, dan kerupuk. Topping ini menambah tekstur dan rasa pada hidangan, membuatnya semakin lezat.

5. Keserbagunaan
Nasi goreng adalah hidangan serbaguna yang dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Itu dapat dibuat dengan berbagai jenis protein, sayuran, dan rempah-rempah, menjadikannya pilihan yang bagus untuk orang dengan kebutuhan diet berbeda.

Secara keseluruhan, perpaduan bumbu, kecap, tekstur, pilihan protein, topping tambahan, dan keserbagunaan menjadi ciri utama yang membuat nasi goreng Indonesia begitu terkenal dan dicintai di seluruh dunia.

Salah satu alasan turis menyukai nasi goreng di Indonesia yaitu dalam nasi goreng yang diolah dengan rempah rempah yang berasal dari Indonesia menjadi ciri khas rasa yang kuat dan kompleks yang berasal dari penggunaan berbagai bumbu seperti bawang putih,bawang merah cabai dan terasi. Selain itu kecap dan terasi berperan penting terhadap cita rasa nasi goreng di Indonesia ini yaitu terasi sebagai bom umami dan saus yang di buat dengan kecap manis yang menodai nasi menjadi coklat tua dan membuat nasi menjadi caramel saat dimasak. Perpaduan bumbu-bumbu tersebut memberikan cita rasa pada hidangan ini yaitu gurih dan pedas

Popularitas makanan ini membuat penjual dan restoran sering memasukkan nasi goreng ke dalam menu mereka sebagai pilihan yang nyaman dan populer bagi pelanggan. Selain itu, karena nasi goreng relatif mudah dan cepat disiapkan, maka bisa menjadi menu yang praktis dan menguntungkan bagi para penjual makanan dan restoran.Nasi goreng yang bisa disantap kapan saja sepanjang hari namun dalam beberapa budaya makanan sarapan yang umum, sementara budaya lain lebih sering disajikan sebagai santapan makan siang atau santapan pada malam hari. Pilihan waktu ini menyantap nasi goreng tergantung lagi pada masing masing pribadi.

Nah ada rekomendasi makanan nasi goreng yang enak untuk sobat santap yang letaknya di Jl. Galunggung No.25, Klojen, Malang (depot ikana) dan nasi goreng prapatan yang letaknya di Jl. tirto utomo pokok e wenak pol wajib sobat santap cobain

Penulis : Erik Agus Yudistira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *