Tidak Hanya Wanita, Ini Manfaat Pria meminum Jamu

April 13, 2023

SANTAPAN ASIA, Malang – Halo Sobat Santap! Gimana nih puasanya? Lancar nggak? Pastinya harus lancar dong… nah Sobat Santap sekalian, siapa di antara kalian ga tau apasih jamu itu? Jamu tuh minuman herbal tradisional asal Indonesia lho. Jamu dibuat dari bahan-bahan alami berupa bagian dari tumbuh-tumbuhan seperti rimpang (akar-akaran), daun-daunan, kulit batang, dan buah. Namun, ada juga yang menambahkan bahan dari bagian tubuh binatang seperti empedu kambing, empedu ular, atau tangkur buaya. Bahkan, kuning telur ayam kampung juga sering digunakan untuk campuran pada jamu gendong.

Sobat santap tau ga sih, kenapa jamu itu identik dengan dengan wanita? Padahal kan jamu punya segudang manfaat untuk cowok juga. Menurut jurnal studi kultural STMIK STIKOM Indonesia, Itu karena jamu dikenal dengan penjual jamunya yang biasa dipanggil mbok jamu yang mereprentasikan suatu etnis di pulau jawa. Kata ‘mbok’ pada mbok jamu memiliki arti wanita dewasa jawa walaupun di zaman sekarang penjual jamu dan pembelinya pun identik dengan wanita paruh baya. Walaupun jamu identik dengan wanita, ternyata jamu juga ada lho yang identik dengan cowo yaitu jamu kuat. Apasih jamu kuat itu? Dilansir dari Orami.co.id Jamu kuat pria kerap kali dikonsumsi untuk membantu menambah keperkasaan pria sehingga bisa meningkatkan kualitas atau performa dalam berhubungan seks. Jamu kuat pria juga bisa difungsikan untuk mempertahankan ereksi agar lebih lama atau menunda terjadinya ejakulasi. Selain jamu kuat, jamu juga memiliki beberapa jenis terkenal lainnya yang lain juga bahan pembuatannya, yaitu

1.Jamu Beras Kencur
Memiliki bahan utama yang cukup simple yaitu beras dan kencur. Jamu ini memiliki khasiat untuk menghilangkan penyakit badan seperti pegal, linu, sakit sendi dan juga dapat menjadi jamu penyegar sehabis kerja.

2. Jamu Kunir Asem
Jamu kunir asem biasa digunakan untuk menyegarkan badan setelah melakukan aktifitas berat. Jamu kunir asem juga biasa di sebut sebagai jamu adem ademan atau seger segeran yang berbahan dasar yg cukup mudah di temukan juga yaitu kunir atau kunyit yang kemudian di campur oleh buah asam.

3. Jamu Pahitan
Jamu pahitan dimanfaatkan untuk berbagai masalah kesehatan. Penjual jamu memberikan jawaban yang bervariasi tentang manfaat jamu ini, namun utamanya adalah untuk gatal-gatal dan kencing manis. Penjual yang lain mengatakan manfaatnya untuk ‘cuci darah’, kurang nafsu makan, menghilangkan bau badan, menurunkan kolesterol, perut kembung/sebah, jerawat, pegal, mengatasi pegal di saat haid dan pusing. Bahan baku dari jamu pahitan itu biasanya menggunakan sambiloto, namun ada juga penjual jamu lainnya yang menggunakan campuran seperti brotowali, widoro laut dan bahan bahan lainnya.

Seperti yang tadi sobat santap ketahui, jamu kuat untuk pria itu memiliki khasiat menahan ereksi pada pria. Dikutip dari Food.Detik.com, Jamu kuat juga memiliki beberapa bahan bahan, diantaranya :

1. Jahe
Obat kuat alami yang pertama adalah jahe. Selain berguna untuk kesehatan tubuh lainnya, jahe juga dipercaya bisa membuat stamina pria lebih tahan lama di ranjang. Caranya: Pertama Haluskan jahe bersama lempuyang, ketumbar, temulawak, dan madu. Lalu langkah berikutnya Rebus campuran rempah-rempah tersebut dengan air 250 ml sampai matang.
Diamkan beberapa menit dan minum selagi hangat

2. Gingseng Merah
Sejak dulu, ramuan ginseng merah telah dipercaya sebagai obat kuat untuk pria. Tanaman ini diklaim dapat meningkatkan libido dan mengatasi masalah seksual pria. Bahkan, mampu membuat otot penis menjadi lebih rileks karena kandungannya yang kaya nitrit oksida.
Namun, ramuan ini tidak dianjurkan bagi pria yang memiliki masalah perut atau rentan sakit kepala.

3. STMJ (Susu telur madu dan jahe)
Susu, telur, madu dan jahe memang sering disebut sebagai bahan minuman penunjang libido pria. Ada juga yang menambahkan ginseng, yang membuat minuman ini makin berkhasiat. Cara pembuatannya terbilang cukup muda pertama tama siapkan kuning telur ayam kampong yang sudah di pisahkan dari putihnya dan campurkan denga madu. Selanjutnya didihkan susu lalu masukkan cengkih, jahe dan kapulaga dan biarkan sampai harum, dan kemudian kedua bahan yang sudah dicampurkan di satukan kemudian aduk sampai merata dan STMJ siap di hidangkan.

Nah gimana nih sobat santap sekalian khasiat dari jamu cukup banyak,kan? Tentunya sobat santap bakalan rugi sih kalau sampai tidak mencoba jamu jamu terkenal tersebut. Jadi buat kalian para cowo-cowo jangan malu lagi buat beli jamu di mbok jamu, karena sebetulnya jamu bisa segala kalangan dan segala umur lho.

Sumber Foto : freepik

Penulis : Alif Rayhan Iskandar

2 thoughts on “Tidak Hanya Wanita, Ini Manfaat Pria meminum Jamu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *