Es Ketan: Si Segar Legendaris

July 5, 2023

SANTAPAN ASIA, Malang – Hallo sobat santap kembali lagi bersama kami, kali ini Tim Santapan Asia akan membawakan berita seputar minuman yang segar dan legendaris di Kota Malang. Kalau tempo hari tentang Es Dawet, sekarang kita akan membahas tentang es ketan, sobat santap. Yuk ketahui Si segar legendaris ini!

Es ketan adalah minuman yang terbuat dari ketan, sejenis beras ketan yang lengket, yang diolah menjadi bola-bola kecil dan disajikan dengan es serut, sirup gula merah, santan, dan tambahan lainnya, tetapi es ketan yang satu ini ada tambahan roti di atasnya  lalu di oleskan sirup pada roti tersebut. Sobat Santap bisa request untuk tidak menambahkan roti.

“Enak banget minum di siang hari, apalagi ditambah roti yang dicampur langsung sama es nya jadi lembut,” ujar dani

Sebagai makanan ringan yang menyegarkan, es ketan telah menjadi favorit banyak orang malang. Terutama pada musim panas, minuman ini menjadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan dahaga. Banyak penjual es ketan yang segar di pinggir jalan, pasar tradisional, atau pusat perbelanjaan.

Tetapi es ketan yang satu ini tidak berjualan keliling pada es ketan pada umumnya. Sejak tahun 1968, beliau sudah berjualan di Kota Malang hingga sekarang. Pada akhirnya beliau memilih untuk berjualan di rumahnya.

Menetap di jalan Prof.Moh Yamin Sukoharjo, Kec Klojen, Kota Malang. Berbeda dengan es santan lainnya, kuliner legendaris ini memiliki banyak isian yang spesial. Disajikan dalam gelas kaca, isi es ini terdiri dari ketan hitam, dawet berwarna merah, kuah santan serta siraman sirup berwarna merah. Tak lupa pula potongan es yang membuatnya makin segar. Perpaduan antara kuah santan dan sirup inilah yang membuat cita rasanya spesial.

Tidak hanya cita rasanya yang lezat, es ketan juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Ketan sebagai bahan dasar es ketan mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Santan yang digunakan sebagai bahan tambahan juga mengandung lemak sehat dan dapat memberikan energi. Namun, perlu diingat bahwa es ketan mengandung gula tinggi, sehingga konsumsinya perlu dijaga agar tidak berlebihan.

“Udah langganan dari dulu sama es ketan yang satu ini, dan udah sering beli,” ujar saga

harganya sangat murah sekali untuk satu gelasnya di bandrol dengan harga 2.500, dan jika menambah dengan roti tawar di bandrol dengan harga 3.500, itu sebabnya kenapa banyak orang yang sesekali mampir untuk menikmati segelas es ketan waktu di siang hari maupun di waktu istirahat para pekerja, selain lain harganya yang cukup murah es ini juga memiliki cita rasa yang cukup kental.

“Enak banget minum di siang hari, apalagi di tambah roti yang di campur langsung sama es nya jadi lembut,” ujar dani

Gimana sobat santap tertarik nyobain es ketan yang satu ini, bagi warga malang pasti sudah cukup sering mencoba dan membikin es ketan yang satu ini, bagi warga yang luar malang ataupun mahasiswa yang kuliah di malang wajib banget mencoba es ketan legendarisnya kota malang yang satu ini. 

Penulis : Fabian Ferdiansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *