Rahasia Gurih Rempahnya Sang Pelopor Ayam Kalasan di Malang

April 27, 2023

Caption : Ayam kalasan pak Agung sangat terkenal dikalangan mahasiswa dengan rempah ayam kalasan yang gurih.

SANTAPAN ASIA, Malang – Hallo Sobat Santap, Kota Malang menjadi kota yang kaya dengan wisata menarik. Selain kotanya dingin malang juga menarik pendatang dari segi kulinernya yang juga banyak diminati banyak orang. Rasanya enak, harganya pun sangat terjangkau, tidak buat kantong kering. Di Malang sobat santap bisa menemukan banyak sekali kedai atau warung yang nyaman tempatnya dan rasanya enak pastinya.

Persaingannya juga sangat ketat di kota Malang karena semakin banyaknya kedai makan dan warung makan, orang semakin memilih dalam hal membeli makanan. Berbeda dengan ayam kalasan Pak Agung yang sudah ramai pembeli bahkan dapat mengalahkan kedai makan lainnya terutama di sekitar Dau.

Siapa yang udah nggak asing dengan kedai ayam kalasan lalapan Pak Agung nih? Kedai yang terkenal memiliki kualitas yang top dan sangat sat set dalam pelayanannya, yuk simak rahasia gurihnya Rempah pelopor ayam kalasan di kota malang..

Kedai ayam kalasan Pak Agung di berlokasi di Jalan Margo Basuki Landungsari Dau, Jetis, Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Kedai ayam kalasan lalapan Pak Agung membuat penasaran untuk dikulik lebih dalam mengenai resep masakannya. Yuk simak sobat santap…

Sebenarnya untuk bahan masakan ayam kalasan lalapan pak agung ini hampir sama dengan ayam kalasan pada umumnya dan untuk pengolahannya juga hampir sama. Tapi beda tangan beda rasa, seperti yang dikatakan Pak Agung pada saat tim santapan asia wawancara, Pak Agung mengaku ada beberapa warung makan yang juga meniru untuk membuat ayam kalasan tapi gagal dan tidak banyak yang suka dengan masakan tersebut.

Dikutip dari detikfood.com Ayam kalasan adalah menu makanan otentik di Indonesia yang berasal dari Jawa tengah. Ayam kalasan identik dengan bumbu racikan khas Jawa yang cita rasanya berbeda dengan ayam goreng lainnya. Penggunaan gula jawa dalam campuran bumbunya membuat ayam kalasan memiliki rasa gurih dan sedikit sentuhan manis.

Ayam kalasan lalapan Pak Agung pelopor ayam kalasan di malang menjadi favorit mahasiswa karena rasanya yang enak sekali dan harganya murah. Rasanya yang enak, gurih, orentik khas Jawa ternyata memiliki resep rahasia bahannya dan pengolahannya yang tepat sehingga dapat sobat santap tiru untuk list menu masakan keluarga sobat santap.

Bahan masakan ayam kalasan rahasia ayam kalasan lalapan Pak Agung:
1. Ayam(sudah dipotong sesuai selera)
2. 500 ml santan kelapa
3. ½ sdt soda kue
4. 5 siung bawang putih yang dihaluskan
5. 2 lembar daun salam
6. 1 cm lengkuas, yang sudah di hancurkan
7. Garam sesuai selera
8. Gula merah sesuai selera
9. Minyak goreng secukupnya
10. Bumbu rahasia ayam kalasan lalapan pak agung

Bahan sambal rahasia lalapan Pak Agung :
1. 15 buah cabai merah (buang bijinya)
2. 6 buah bawang merah
3. 2 siung bawang putih
4. 1 buah tomat merah
5. 1/2 sdt terasi
6. Garam sesuai selera
7. Gula sesuai selera
8. Bumbu rahasia ayam kalasan lalapan Pak Agung

Sobat Santap, bagaimana sih pengolahan ayam kalasan yang benar sehingga menjadi ayam kalasan yang gurih?

Berikut cara pengolahan ayam kalasan dengan benar menurut kedai ayam kalasan Pak Agung :

1. Rebus ayam bersama santan kelapa dan bumbu lainnya hingga air hampir habis dan ayam lunak (sehingga bumbu dapat meresap dengan baik sampai ke tulang tulang).
2. Tambahkan air bila perlu (pada rebusan ayam tersebut)
3. Setelah cukup tiriskan dan dinginkan
4. Goreng ayam dengan minyak yang cukup, masak hingga berwarna kuning kecoklatan (jangan terlalu kering).
5. Terakhir angkat ayam dan oleskan sisa kuah kental bekas rebusan ayam supaya tampak menggiurkan.

Ayam kalasan nggak lengkap kalau ngga pakai sambal dong.

Berikut cara pengolahan sambal dengan benar menurut kedai ayam kalasan Pak Agung :

1. Rendam kedalam air dan beri jeruk nipis untuk menghilangkan bau menyengat dari bahan bahan mentah.
2. Goreng sampai sedikit matang bahan bahan tersebut bersama dengan bumbu rahasia.
Haluskan secara bersamaan.
3. Tumis dengan lima sendok makan minyak goreng di atas api kecil, lalu masukkan sisa kuah kental bekas rebusan ayam tadi, masak dengan api kecil hingga matang dan keluar minyak.
4. Tiriskan dan hidangkan.

Bahan bahan yang disebutkan tadi merupakan bahan utama untuk membuat ayam kalasan bersama dengan sambal khas ayam kalasan, selain itu cara pengolahan ayam kalasan yang disebutkan tadi merupakan cara pengolahan ayam kalasan yang benar. Untuk bahan bahan, bumbu rahasia, dan cara pengolahan ayam kalasan dengan benar sangat mempengaruhi rasa dan kualitas dari makanan tersebut.

Penulis : Salsabilla Faraicha Wijaya

Sumber Foto : Salsabilla Faraicha Wijaya

2 thoughts on “Rahasia Gurih Rempahnya Sang Pelopor Ayam Kalasan di Malang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *