4 Kuliner Ekstrim di Malang, Berani Coba?

April 27, 2023

SANTAPAN ASIA, Malang – Hallo sobat santap, Kota Malang menjadi kota yang kaya dengan wisata menarik. selain dari hawa dingin yang menarik para pendatang, kulinernya pun juga banyak diminati banyak orang. Rasanya udah nggak lagi diragukan, harganya pun sangat terjangkau di kantong. Sobat Santap bisa menemukan berbagai makanan yang berasal dari berbagai daerah Indonesia. selain makanan otentik di kota malang , sobat santap juga dapat menemukan makanan ekstrim di kota malang lho.

By The Why. Gimana hari lebaran kalian? Dapet THR berapa nih? Pastinya banyak dong… sebelumnya Santapan Asia mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1444 H bagi yang menjalankannya dan mohon maaf lahir dan batin. Nah sobat santap sekalian, ada yang pernah denger kuliner ekstrem di asia gak sih? Nah jadi, kuliner ekstrem merupakan sebuah makanan yang menggunakan bahan bahan yang kurang lazim untuk mengolahnya ataupun bahan tersebut bisa dijadikan condiment utama dari makanan tersebut. Nah negara negara asia memiliki ciri khas dengan makanan makanan ekstrim tersebut, khususnya pada asia bagian tenggara. Di negara asia tersendiri banyak memiliki pilihan untuk makanan makanan ekstrem seperti balut, empedu kobra, darah babi, dan masih banyak lagi. Tapi sobat santap tau gak sih kalau makanan ekstrem itu selain “mengerikan” juga memiliki khasiatnya sendiri lho.

Berikut merupakan makanan ekstrem yang memiliki khasiatnya tersendiri :
1. Ulat sagu khas papua
Jika Anda pergi ke Papua jangan lupa mencicipi makanan ekstrim Indonesia yang biasa dimakan oleh orang Papua ini. Kuliner ekstrim itu adalah ulat sagu. Mendengar namanya saja membuat orang geli. Warga mengambil ulat sagu dari pohon pohon sagu di hutan rimba.
Tapi jangan salah, kita tidak akan menemukan ulat sagu pada pohon sagu yang masih hidup atau berdiri tegak. Ulat sagu khas papua ini bisa dimakan mentah ataupun dengan cara dimasak dan memiliki ciri khas sebagai jamu dan obat kuat.

2. Tokek Goreng
Kabarnya daging tokek bisa menyembuhkan penyakit. Yaa khasiat daging tokek yang dikonsumsi sebagai makanan maupun dalam bentuk bubuk dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit, seperti penyakit kulit, asma, serta dapat meningkatkan stamina kaum pria.

Sebuah tim riset pimpinan Profesor Wang dari Hanan university of Cina pernah melaporkan jika dalam uji klinisnya, tokek menunjukkan efek positif terhadap tumor ganas. Hal ini seakan menambah minat para pecinta kuliner untuk mencicipi tokek goreng sebagai makanan ekstrin Indonesia. Terlebih bagi mereka yang menderita penyakit kulit atau asma. Mereka percaya keadaan mereka semakin lebih baik setelah mengkonsumsi tokek.

3. Balut
Balut merupakan makanan ekstrem asia yang dapat di jumpai di Vietnam, laos, dan kamboja namun, masyarakat dari filipina membuat makanan balut ini menjadi lebih terkenal di kalangan food vlogger. Balut merupakan makanan yang terbuat dari telur burung yang masih muda.

Balut bisa menjadi salah satu makanan yang cukup cukup menyehatkan karena kalorinya tidak terlalu banyak. Total kalorinya adalah 188 kcal, 14 g protein dan lemak, 2 milligram zat besi, 116 milligram kalsium dan 619 milligram kolestrol. Balut juga dipercaya dapat meningkatkan nafsu birahi meskipun belum terbukti. Bagaimana, tertarik mencoba makanan ini?

4. Sup kalajengking
Negara China memiliki beragam makanan ekstrim yang dapat dijadikan obat atau hanya sekedar dijadikan hidangan. Di China Utara, terdapat makanan yang cukup ekstrem yaitu sup kalajengking.
Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, sup ular dan kalajengking utuh dapat membantu mengobati kondisi seperti rematik, tekanan darah tinggi, kejang, dan penyakit kulit.

Makanan makanan yang santapanasia.com sebutkan tadi dapat kalian temui di pelosok kota malang, makanan tersebut tidak tersebar luas namun dijual dipasar tertentu dan tempat jual beli rahasia di pelosok kota malang. Biasanya makanan ekstrim tersebut dapat dijadikan obat agar terhindar dari penyakit dan untuk kekuatan tubuh.

Penulis : Alif Rayhan Iskandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *