Infografis : 5 Makanan Lokal Saat Bulan Puasa

March 25, 2023

SANTAPAN ASIA, Malang – Sobat santap tau nggak si makanan lokal yang ada saat bulan puasa ? Makanan lokal di malang saat bulan puasa sangat banyak jenisnya , tidak membosankan loh sobat santap. Makanan lokal di Indonesia sangat banyak jenisnya dan menyenangkan sekali untuk di bahas nih, sobat santap. Makanan lokal makanan yang bersifat tradisional dan hanya ada di indonesia. Berikut 5 jenis makanan lokal yang ada saat bulan puasa : 

Kolak pisang : kolak pisang dikenal sebagai salah satu jenis makanan berbuka atau takjil yang kerap dihidangkan di bulan Ramadhan. Takjil yang kerap dimaknai masyarakat sebagai hidangan berbuka puasa memang didominasi oleh jenis makanan manis. Begitu juga kolak yang menjadi hidangan favorit dan selalu dicari saat waktu berbuka puasa tiba. Kolak sederhana terbuat dari paduan dari kolang kaling, irisan pisang atau ubi, gula aren, dan santan.

Kue Gethuk : kue tradisional Gethuk yakni makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar singkong. Makanan ini menjadi makanan khas kebanggaan masyarakat Magelang, Jawa Tengah. Tidak hanyak eksis di Magelang, kini Gethuk masih banyak diminati warga Kota Patriot yakni Kota Bekasi.

Es Buah : Es buah sendiri terkenal dengan racikan kuahnya yang bening dan segar. Umumnya kuah es buah dibuat dari air rebusan gula dengan tambahan es dan sirup.

Lupis : Dikutip dari kompas.com Lupis terbuat dari beras ketan. Kali ini, kamu bisa membuat lupis khas Jogja dari beras ketan hitam. Jajan pasar asal Jogja ini dibuat dengan cara merebus.

Es Pisang Hijau : pisang ijo atau es pisang ijo merupakan kuliner khas Makassar, Sulawesi Selatan. Sesuai namanya, sajian ini berbahan dasar pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Cara penyajiannya pun cukup sederhana, yakni pisang ijo dipotong-potong bulat, lalu ditambah es serut dan bubur sumsum. Terakhir, guyuran sirup merah dan susu kental manis menjadi pelengkap kesegaran es ini.

Penulis : Salsabilla Faraicha Wijaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *